Minggu, 19 Juni 2011

IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DALAM PEMBELAJARAN DI TK BERBASIS SUMBER DAYA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Minggu, 19 Juni 2011
 TATIK MARYANA
090020081
Kelas. D. Semester IV


Abstrak : adanya kesejalanan konsep bimbingan dalam pembelajaran  di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan menjadikan proses bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program bimbingan dalam pembelajaran di TK melalui sumber daya teknologi pendidikan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan tehnik purposive sampling pada 20 guru di 4 TK dalam wilayah kecamatan Sampang kabupaten Sampang. Data diambil melalui angket dan wawancara serta di analisis dengan tehnik kuantitatif dan kualitatif berdasarkan deskripsi hasil penelitian. Guru dapat memberikan layanan bimbingan dengan mengintegrasikan dalam pembelajaran secara holistik. Produk akhir penelitian berupa pelatihan dan pendampingan serta skenario program video pembelajaran yang menggambarkan peran guru dalam mengimplementasikan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.

Kata kunci : bimbingan, pembelajaran, guru, anak, TK, sumber daya teknologi pendidikan.

Konsep pembelajaran di TK sangat berjalan dengan konsep bimbingan di TK yang sangat peduli dengan perkembangan anak secara menyeluruh. Pada dasarnya bimbingan merupakan suatu upaya untuk memfasilitasi perkembangan individu agar mampu mencapai taraf perkembangan yang optimal. Melalui bimbingan individu diharapkan anak TK dapat menjalani fase-fase perkembangannya dengan sukses serta dapat mengembangkan dan mewujudkan berbagai potensi dan kemampuan yang dimilikinya secara optimal. Dengan dukungan setting dan lingkungan belajar yang kondusif untuk sebuah program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan. Yang menciptakan lingkungan belajar lingkungan belajar yang diciptakan tersebut dapat menstimulasi anak untuk belajar sambil bermain dengan menyenangkan.
Bimbingan dalam pembelajaran memiliki ciri-ciri berikut (Kartadinata dan Dantes, 1997 dan Natawidjaja, 1988) :
1. Diperuntukkan bagi semua murid.
2. Memperlakukan murid sebagai individu yang unik dan sedang berkembang.
3. Mengakui murid sebagai individu yang bermartabat dan berkemampuan.
4. Terarah ke pengembangan segenap aspek perkembangan anak secara   menyeluruh dan optimal.
5. Disertai dengan berbagai sikap guru yang positif dan mendukung aktualisasi berbagai minat, potensi, dan kapabilitas murid sesuai dengan norma-norma kehidupan yang dianut.
   
Bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain (Joyfull learning) merupakan prinsip dasar pembelajaran yang perlu dikembangkan dalam program pembelajaran yang berbasis bimbingan dan proses bimbingan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dan terintegrasi pelaksanaannya dalam pembelajaran di TK. Sedangkan sumber daya teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan dan mengelolah proses dari sumber daya teknologi yang tepat. Sumber daya teknologi pendidikan meliputi : alat, bahan, perangkat pengaturan dan orang-orang yang berinteraksi dengan peserta didik untuk belajar memecahkan masalah dan kinerja masalah. Ketika sumber daya sedang dipertimbangkan untuk digerakkan sebagai bagian dari pelajaran intruksional atau program maka efektifitas dan efisiensi harus disertakan.
Efektifitas mengacu pada kesesuaian dan kompaktibilitas sumber daya yang diberikan berkaitan dengan tujuan pembelajaran. Efesiensi mengacu pada pemanfaatan secara bijak waktu dan sumber daya, termasuk upaya teknologi pendidikan itu sendiri, karena setiap orang memiliki anggaran yang terbatas,  pembeli harus mempertimbangkan perangkat keras dan lunak yang akan memberikan manfaat terbesar bagi sebagian besar peserta didik atau manfaat terbesar bagi keberhasilan organisasi. Sumberdaya dapat mencakup apa saja yang tesedia untuk membantu individu belajar dan melaksanakan kompetensi (AECTECTECT, 1994). Adalah penting untuk memasukkan ”Sumber Daya Oleh Pemanfaatan” terutana dengan peningkatan yang signifikan dalam menggunakan jenis sumber daya dilingkungan belajar yang kaya informasi.
Adapun tujuan peneliti secara umum adalah untuk memperoleh pengetahuan dan bukti empirik mengenai implementasi program bimbingan dalam pembelajaran di TK bebasis sumber daya teknologi pendidikan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; (1)  Mengetahui implementasi program pembelajaran berbasis bimbingan.
(2) Mendeskripsikan kompetensi apasaja yang perlu dimiliki guru dalam melaksanakan program pembelajaran berbasis bimbingan.
(3) Mengidentifikasi peran guru dalam program pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.

Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran informasi tentang implementasi program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan. Metode deskriptif digunakan karena akan menghasilkan data faktual yang diolah secara kuantitatif berdasarkan informasi statistik, dan data kualitatif yang dihasilkan berdasarkan hasil-hasil penelitian.
Data yang telah dikumpulkan melalui berbagai alat pengumpul data, selanjutnya dilakukan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif, digunakan untuk menganalisis data skor hasil angket guru melalui metode statistik, sedangkan analisis data kualitatif, dilakukan untuk menganalisis data hasil observasi dan wawancara.
Subjek dalam penelitian ini program bimbingan dalam pembelajaran di TK, adapun objek penelitian adalah guru TK sebagai pelaksana program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan. Adapun sampel penelitian adalah 20 orang guru yang diambil dari 4 TK yang ada di kecamatan Sampang,  kabupaten Sampang yaitu TK Negri Pembina, TK Kartika, TK Bhayangkari, dan TK Banyuanyar.

Hasil
Hasil penelitian meliputi gambaran umum implementasi pelaksanaan program pembelajaran berbasis bimbingan di TK dan kompetensi guru dalam melaksanakan program pembelajaran berbasis bimbingan. Adapun pembahasan hasil penelitian meliputi:
1. Pelatihan Program Bimbingan dalam Pembelajaran di TK Berbasis Sumber Daya Teknologi Pendidikan.
Secara umum program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru terhadap pengembangan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.
Adapun secara khusus program ini bertujuan untuk :
(1) Membekali guru dalam penguasaan konsep bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.
(2) Membekali guru untuk merencanakan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.
     (3) Memberikan gambaran pelaksanaan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.
. Materi diberikan dalam pelasanaan program ini mencakup:
-          Konsep bimbingan dalam pembelajaran di TK.
-          Pengembangan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan. .
-            Konsep Pembelajaran yang Berorientasi Perkembangan dan konsep Developmentally Apropriate Practice (DAP).

2. Pendampingan Program Bimbingan Dalam Pembelajaran Di TK Berbasis Sumber Daya Teknologi Pendidikan. .
Dari gambaran hasil pendampingan para guru ketika melaksanakan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan  sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan terlihat adanya penilaian layanan bimbingan, baik layanan maupun kelompok. Adapun peran guru masih perlu ditingkatkan karena masih terlihat adanya praktek pembelajaran yang berorientasi akademik dan perlakuan yang non-appropriate practice. Adapun menurut Ernawulan (2003) dikemukanan bahwa seorang guru TK dalam melaksanakan pembelajaran selain sebagai pendidik dan pelatih, seorang guru perlu menguasai beberapa kemampuan sebagai seorang pembimbing di TK, yaitu sebagai berikut :
1)       Mampu menemukan atau menandai berbagai permasalahan atau kecenderungan adanya masalah yang dihadapi anak TK
2)       Mampu menemukan berbagai faktor atau latar belakang yang mungkin menjadi penyebab terjadinya hambatan atau masalah yang dialami anak TK
3)       Mampu memilih cara penyelesaian masalah atau hambatan yang dihadapi anak TK
4)       Mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak TK
5)       Mampu berinteraksi dan bekerja sama dengan orang tua dalam upaya membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak TK
6)       Mampu menjalin kerjasama dengan komunitas lain dalam lingkungan TK seperti : dokter, psikolog dan jabatan lainnya serta masyarakat sekitar lingkungan anak TK.

3. Pengembangan Skenario Program Bimbingan dalam Pembelajaran Di TK Berbasis Sumber Daya Teknologi Pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka rancangan skenario program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan mencakup kegiatan bimbingan dalam pembelajaran dan peran guru dalam memberikan layanan bimbingan kepada anak yang memanfaatkan sumber daya teknologi pendidikan.

Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan :
1.       Pelaksanaan kegiatan pelatihan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan untuk para guru merupakan salah satu kegiatan yang positif yang dipandang perlu diikuti para guru dalam meningkatkan kompetensi dan peran guru dalam melaksanakan program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan.
2.       Program bimbingan dapat diimplementasikan melalui program pendampingan dan pelaksanaannya terintegrasi dengan program pembelajaran berbasis sumber daya teknologi pendidikan.  
3.       Pengembangan skenario program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan yang dikembangkan berdasarkan temuan hasil penelitian dan kajian konseptual tentang bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan perlu memperhatikan karakteristik perkembangan dan belajar anak.

B. Saran
  1. Implementasi Program Bimbingan dalam Pembelajaran di TK Berbasis Sumber Daya Teknologi Pendidikan.Guru sebaiknya memperhatikan memperhatikan prioritas pemberian layanan bimbingan yang dapat diintergrasikan dengan proses pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan yaitu memilih dan merancang tema pembelajaran serta menggunakan strategi pembelajaran yang dapat memfasilitasi terintegrasinya bimbingan dengan pembelajaran di TK.

  1. Pelatihan Program Bimbingan dalam Pembelajaran Berbasis Sumber Daya Teknologi Pendidikan. Untuk para guru TK / PAUD Rekomendasi dalam pelaksanaan program untuk meningkatkan kompetensi / kinerja guru pada program bimbingan dalam pembelajaran di TK berbasis sumber daya teknologi pendidikan. diprioritaskan untuk menghapus praktek perlakuan yang kurang tepat (in-appropriate practice)
Yaitu berupa : pelatihan, workshop, seminar dan lokakarya, penataran dll yang dapat meningkatkan kompetensi guru.
  1. Penyelenggara TK / PAUD
Guru TK/PAUD disarankan untuk lebih meningkatkan kompetensi melalui keikutsertaan dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan PAUD, khususnya TK dan dapat mengintegrasikan layanan bimbingan dalam program pembelajaran yang telah di rancang untuk TK atau lembaga PAUD.




Daftar Rujukan

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta : Rineka Cipta

Beaty, Janice J. (1994). Observing Development of the Young Children. New
York : Mac Millan Publishing Company

Coughlin, Pamela A. et.al. (2000). Menciptakan Kelas yang Berpusat pada
        Anak : 3-5 Tahun. Washington, DC : Children’s Resources International, Inc.

Mariyana, Rita. (2005). Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman
Kanak-Kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Santoso, Singgih. (2002). SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara
Profesional. Jakarta : Elex Media Komputindo
           
______________. (2001). Buku Latihan SPSS. Statistik Non Parametrik.
Jakarta : Elex Media Komputindo

Solehudin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung :
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung
: Kerjasama Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
dengan PT Remaja Rosdakarya

Yusuf, Syamsu LN. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung : Rosdakary

                         . (2006) buku panduan bimbingan di TK.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar  dan Menengah. Direktorat Pembinaan TK dan SD.












                                      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar